Techno

Momen RAFI 2024, Telkomsel Menjamin Kenyamanan Layanan Pelanggan

MAKASSAR – Selama momen Ramadan serta Idulfitri 1445 H (RAFI 2024), Telkomsel berupaya memastikan kenyamanan komunikasi dan kebutuhan gaya hidup digital pelanggan dapat terpenuhi dengan mengoptimalkan kesiapan infrastruktur konektivitas broadband terluasnya dan menghadirkan berbagai solusi dan layanan digital inovatif terdepan.

Vice President Area Network Operations Telkomsel Area Pamasuka, Andrias Indra menjelaskan, Telkomsel Area Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 8,10% dibandingkan hari biasa 2024.

“Yang utamanya akan didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming sebesar 78,8%, communications 28,02%, video streaming 25,09%, social media 13,38%, sampai dengan e-commerce 11,37%,” jelas Andrias melalui siaran persnya, Senin (01/04/2024).

“Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 22,75% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 13,56 PB (Peta Byte) untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua pada puncak RAFI tahun ini,” tambahnya.

Andrias mengatakan, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya.

“Telkomsel akan terus menghubungkan negeri agar para pelanggan bisa merayakan moment kebersamaan dalam merayakan bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan kerabat, keluarga, maupun kolega hingga momen Idulfitri nanti,” kata Andrias.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Andrias memastikan, Telkomsel Area Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 72 titik keramaian di berbagai wilayah di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Lanjut Andrias, titik keramaian tersebut mencakup 38 area khusus seperti pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya, 8 area transit transportasi, 13 wilayah residensial, 2 jalur mudik, serta 11 kawasan ibadah seperti masjid dan rumah ibadah lainnya.

“Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 48 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 90 persen wilayah populasi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024,” tegas Andrias.

Sementara itu, guna meningkatkan pengalaman digital lebih dekat ke masyarakat, Vice President Consumer Business Telkomsel Area Pamasuka, Murhalis menambahkan, Telkomsel menyiagakan 40 posko siaga RAFI diberbagai lokasi strategis.

Nantinya, setiap Posko Siaga tidak hanya merupakan pusat layanan komprehensif untuk kebutuhan digital pelanggan, tetapi juga sebagai tempat di mana kehadiran Telkomsel lebih dari sekadar penyedia layanan, serta sebagai sahabat yang mengerti dan peduli.

“Kegiatan interaktif, seperti games, live music, massage chair, hingga phone charging, juga dihadirkan sebagai sarana untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan,” sebut Murhalis.

Murhalis menegaskan, Telkomsel meastikan pentingnya ketersediaan layanan tanpa henti, khususnya di momen RAFI 2024 dengan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, dari Call Center 188 atau 147, 158 GraPARI dan 156 ATM Self-Service MyGraPARI yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

“Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel beserta asisten virtual Veronika, akun media sosial resmi Telkomsel, upaya ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk selalu ada, mendukung setiap kebutuhan komunikasi dan interaksi digital pelanggan,” pungkasnya. (*/Dea/Muh)