Oleh: Robi Sugara (Direktur IMCC)

Jika ada orang Islam hafal Alquran, jidatnya ada tanda hitam, rajin shalat, dan rajin puasa, tapi dan tapi mereka masih berkata kasar, kotor, ceramahnya penuh kebencian dan mendukung aksi-aksi kekerasan atas nama agama. Mereka adalah kelompok Teror Bani Muljam.

Bani Muljam merujuk pada nama Abdurahman bin Muljam. Dia adalah pembunuh Khalifah keempat Islam Ali bin Abi Thalib. Muljam adalah penghafal Alquran, rajin shalat plus qiyamulail, dan rajin puasa termasuk puasa sunnah. Dia membunuh Ali yang begitu dekat dengan Rasulullah dikarenakan Ali dianggap tidak Islami. Pemerintahan Ali dianggap Thagut karena Ali memutuskan perkara tidak berdasarkan Alquran. Ali ditusuk hingga darahnya keluar pasca shalat Subuh di hari ke 19 bulan Ramadhan.

Jadi jika ada orang yang serupa dengannya. Menilai NKRI dan Pancasila yg berangkat dari ijtihad para ulama salaf di Indonesia adalah tidak islami dan sistem pemerintah ini Thagut, maka mereka itu adalah kelompok Bani Muljam. Umat Islam tidak usah mengelak krn sejatinya kelompok itu real dan nyata dalam sejarah Islam. Akui saja.

Jadi berislam itu tidak serta merta menghafal Alquran sebagaimana Muljam. Sebagaimana sekarang trend semua pendidikan Islam menyandingkan materi Tahfid Quran dan kita senang dan bangga karna saudara atau anak kita berhasil menghafal Alquran. Jika tidak dibarengi dengan pemahaman konteks ilmu Alquran, itu hanya akan menciptakan generasi baru Muljam. Dan dengan tidak sengaja kita masuk dalam Kelompok Teror Bani Muljam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here