Syekh Sayyid Ahmad Rifa’i adalah seorang ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, ahli makrifat, ahli fiqih, ahli hadits, ahli tafsir, dan ahli teologi. Beliau adalah pencetus tarekat Rifa’iyah.

Salah satu karomah beliau yang terkenal adalah ketika mencium tangan Rasulullah Saw yang keluar dari makamnya. Beliau mengucapkan salam di makam Rasulullah Saw dan salam tersebut dijawab hingga semua yang berada disana mendengar suara Rasulullah Saw.

Syekh Ahmad Rifa’i tidak mau disebut sebagai seorang mursyid oleh murid-muridnya, bahkan beliau berdoa kelak dibangkitkan bersama Fir’aun dan Hamman jika merasa lebih mulia dari murid-muridnya. Inilah sikap rendah hati seorang waliyullah.

Dalam dawuhnya, seorang waliyullah yang memiliki karomah tidak akan memamerkannya, tapi ia akan menyembunyikannya seperti perempuan yang menyembunyikan saat dirinya haid. Sekarang justru kita lihat banyak orang pamer kesaktian agar orang kagum.

Inilah keutamaan seorang waliyullah yang berilmu tinggi, sabar, zuhud, wara, dan rendah hati. Semoga kita semua bisa meneladani dan dikumpulkan di akhirat bersama beliau serta orang soleh lainnya.

(Adriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here