Piala Dunia FIBA

Spanyol atasi Australia usai dua kali overtime

Jumat, 13 September 2019 18:27 WIB

Pebasket tim nasional Spanyol Marc Gasol (kanan) berusaha mencuri bola dari penguasaan pemain Australia Patty Mills dalam laga semifinal Piala Dunia FIBA 2019 di Beijing, China, Jumat (13/9/2019). (ANTARA/REUTERS/Thomas Peter)

Jakarta (ANTARA) – Spanyol berhasil mengatasi Australia dengan skor 95-88 seusai menjalani dua kali babak waktu tambahan alias overtime dalam laga semifinal Piala Dunia FIBA 2019 di Beijing, China, Jumat.
Kelengahan sempat mendera Spanyol pada kuarter kedua, membuat mereka tertinggal 32-37 kala menyudahi paruh pertama, demikian catatan laman resmi FIBA.
Baca juga: Spanyol sudahi langkah bersejarah Polandia di perempat final
Baca juga: Australia mulus lewati hadangan Ceko menuju semifinal

Kerja keras Spanyol berhasil mengantarkan mereka unggul 71-70 pada sisa waktu delapan detik kuarter keempat.
Ironisnya, kerja keras itu hampir terbuang percuma, lantaran pelanggaran yang dilakukan oleh Victor Claver berbuah dua lemparan bebas untuk Australia pada sisa waktu empat detik kuarter keempat.
Kesempatan lemparan bebas pertama berhasil dilesakkan Patty Mills, skor berubah 71-71, dan Australia hanya berjarak satu kesempatan dari final pertama mereka di Piala Dunia FIBA. Namun, nasib berkata lain, tembakan Mills meleset dan diamankan oleh Ricky Rubio memaksa kedua tim melakoni overtime.
Mills sukses melesakkan dua lemparan bebas pada sisa waktu 14 detik masa overtime pertama untuk membawa Australia unggul 80-78, namun Marc Gasol yang juga memperoleh dua lemparan bebas usai dilanggar Matthew Dellavedova pada sisa waktu empat detik juga sukses mengkonversinya demi mengubah skor 80-80 dan laga dilanjutkan lagi ke overtime kedua.
Baca juga: Bermodal keyakinan dan keberanian, Argentina taklukkan Serbia
Spanyol satu langkah di depan Australia memasuki overtime kedua. Mereka berhasil unggul jauh 90-82 pada sisa waktu dua menit 25 detik, antara lain berkat dua tripoin Sergio Llull serta alley oop Gasol menuntaskan umpan Rubio.
Sejak itu, Spanyol selalu memegang keunggulan dan akhirnya menyudahi perlawanan Australia 95-88 serta memastikan satu tempat di partai final.
Gasol memimpin Spanyol dengan raupan 33 poin dan enam rebound, disusul dwiganda 19 poin dan 12 assist Rubio serta 17 poin Llull.
Baca juga: Marc Gasol, Ricky Rubio pimpin "roster" akhir Spanyol
Sedangkan Mills jadi penampil terbaik Australia meski ia pasti akan menyesali satu lemparan bebasnya yang gagal di pengujung waktu normal. Mills menutup pertandingan dengan catatan 34 poin, diikuti dwiganda 16 poin dan 11 rebound Nic Kay sera 12 poin Andrew Bogut.
Spanyol akan menanti lawan mereka di final, yakni pemenang laga semifinal lain antara Argentina kontra Prancis. Tim yang kalah, akan bertemu Australia dalam perebutan tempat ketiga.
Baca juga: Jadwal semifinal: Australia tantang Spanyol, Prancis hadapi Argentina

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Original Article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here