Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH., Anggota DPD RI Provinsi DKI didampingi oleh Kepala Kantor DPD RI Provinsi DKI Jakarta Anies Mayangsari Muninggar, S.IP., ME. mengadakan Kuliah Kebangsaan dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Kebangsaan dengan Federasi Rembuk Nasional Pengemudi Online (RNPO) pada Hari Kamis, 19 November 2020 di Kantor DPD RI Provinsi DKI Jakarta, Gedung Nyi Angeng Serang, Kuningan, Jakarta.

Kuliah Kebangsaan ini dihadiri oleh Sekjen RNPO beserta jajaran, juga dihadiri oleh pengurus RNPO wilayah Bogor, Depok, Cikarang, dan Ciputat.

Kuliah Kebangsaan tersebut juga dilaksanakan secara virtual yang antara lain dihadiri oleh Presiden RNPO Dedi Heriyantoni.

Setelah era reformasi, muncul berbagai tuntutan bahwa semua profesi menghadapi ancaman, baik secara etik maupun pidana. Untuk itu, perlu dibuat payung hukum yang melindungi seluruh profesi tanpa kecuali, termasuk profesi pengemudi online. “Saya akan mendorong agar segera dibuatkan payung hukum yang memperjelas nasib dan posisi pengemudi online, minimal pengemudi online dapat memiliki pendidikan, sertifikasi, dan Asesor”, kata Prof. Jimly.

Perkembangan pengemudi online dalam enam tahun belakangan ini cukup pesat. Untuk itu perlu ada lembaga khusus yang menangani pengemudi online. “Saya berharap rekan-rekan RNPO agar segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Mungkin saja ada hal-hal strategis yang bisa dilakukan, minimal untuk mempertegas posisi RNPO dalam hal sertifikasi”, ucap Prof. Jimly.

Diakhir dialog, Presiden RNPO Dedi Heriyantoni berharap semoga apa yang menjadi saran dan masukan Prof. Jimly dapat berjalan sekarang dan berkelanjutan. “Obsesi saya sebagai Presiden agar RNPO mendapat pengakuan warga negara secara luas, dan harapan itu akan terwujud apabila Prof. Jimly senantiasa serius membantu”, tutup Presiden RNPO.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here