Perguruan Silat Aji Jaya Sampurna Paku Alam Sejagat mengadakan pelatihan Unifikasi. Ricky Susiono (Dosen Olahraga UNJ) menjadi pelatih perguruan silat ini, ia adalah Master Unifikasi Indonesia. Adapun atlet dan tokoh yang pernah mendapatkan pelatihan Unifikasi dari Ricky diantaranya adalah; Suryo Agung (Pemegang Rekor 100m SEA Games), Risa (Emas Balap Sepeda SEAGames 2009,2011), Glen Victor (Emas Renang SEA Games 2009), Dedeh Herawati (Emas Lari 100 m Gawang SEA Games 2009), Krisna Bayu (Emas Judo SEA Games 2009), Berlian Marsela (Pelatnas Volly), Kammidia Radisti (Miss Indonesia 2007), Bob Hasan (Ketua PB PASI), Adhyaksa Dault.

Ricky Susiono menjelaskan, “untuk mencapai keharmonisan dalam bergerak, setiap orang membutuhkan Multilateral Physical Development atau pengembangan fisik secara menyeluruh. Adapun komponen dasar latihan yang harus dilakukan yaitu mencakup pengembangan daya tahan, kecepatan, kekuatan, peningkatan kelenturan, kelincahan dan memperbaiki koordinasi gerak. Dengan dasar yang kuat dan pengembangan yang baik secara keseluruhan, diharapkan penampilan masyarakat lebih baik dibanding mereka yang tidak mempunyai gerak dasar ini. Dasar dari pengembangan fisik secara keseluruhan pada masyarakat melalui pengembangan dasar gerak akan membangun fondasi yang kuat, dengan menghindari sikap tubuh yang tidak harmonis, artinya sama dengan Anda menghindari cedera dalam beraktivitas. Oleh karena itu, penguasaan kesadaran dan kecakapan gerak merupakan syarat mutlak bagi masyarakat pada khususnya untuk meningkatkan penampilan mereka.”

Ricky menambahkan, “pengetahuan tentang kecakapan gerak dasar berdiri, duduk, berjalan dan berlari menjadi bagian yang sangat penting agar dapat diperhatikan dalam kaitannya dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Masa usia dini dan remaja adalah masa pertumbuhan dan perkembangan fisik serta gerak, karena itu jika gerak dasarnya sudah salah maka seterusnya akan salah. Begitu pula pertumbuhan fisik dan gerak sangat mungkin tak berjalan seperti yang diharapkan. Selain itu, pengetahuan unifikasi sangat berpengaruh pada sikap gerak yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti sikap duduk, berdiri, berjalan atau berlari yang sehat dan benar. Kesadaran, kecakapan dan keharmonisan dalam melakukan gerak dasar jalan dan lari adalah suatu proses dinamis yang memerlukan keterlibatan semua pihak. Latihan ini disajikan sebagai salah satu bentuk usaha untuk membangun kesadaran tersebut bagi masyarakat. Bukan hanya para olahragawan saja yang mempunyai kecakapan gerak tetapi semua orang dengan berbagai latar belakang profesi juga seharusnya cakap gerak. Melalui latihan-latihan unifikasi inilah kecakapan gerak secara optimal akan tercapai. Latihan unifikasi cocok untuk diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, karyawan, calon tentara atau polisi, calon peragawati, calon pramugari, calon perawat dan siapa saja yang ingin memperbaiki penampilan dirinya.”

Ricky mencontohkan atraksi dimana tangannya tidak bisa ditekuk oleh 5 orang, bisa mendorong 3 orang berbadan besar, push up dengan satu tangan dan satu kaki. Semua itu murni menggunakan teknik unifikasi.

Adriansyah selaku ketua Perguruan Silat Aji Jaya Sampurna mengatakan, “Pak Ricky hanya memberikan latihan selama 1 jam, tapi hasilnya luar biasa, dengan teknik unifikasi bisa terhindar dari cidera dan mudah lelah,” ujarnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here