Syekh Abdul Qodir Jailani punya dua orang teman yang sama-sama belajar agama. Kedua teman Syekh Abdul Qodir memiliki keilmuan agama yang baik.

Mereka bertiga ingin bertemu dengan seorang waliyullah. Syekh Abdul Qodir Jailani niat ingin bertemu waliyullah tersebut agar dapat keberkahan. Orang kedua kesana sekedar ingin lihat saja, sedangkan orang ketiga tujuannya untuk mengetes ilmu wali tersebut.

Saat sampai di rumah wali tersebut, wali itu mengatakan bahwa orang kedua yang hanya ingin lihat saja kelak akan ditenggelamkan dalam glamor dunia. Waliyullah tersebut mengetahui bahwa orang ketiga cuma ingin mengetes, lalu wali tersebut mengatakan bahwa orang ketiga kelak keimanannya tercabut di akhir hayatnya. Syekh Abdul Qodir Jailani dikatakan oleh wali tersebut bahwasanya Syekh Abdul Qodir Jailani akan menjadi seorang waliyullah yang derajat para wali lain tidak melebihi mata kakinya.

Orang kedua akhirnya menjadi ulama besar, lalu diangkat jadi mentri, kemudian tergoda oleh harta, ia terima sogokan, dan ilmunya hilang. Orang ketiga tergoda dengan perempuan cantik beragama Nasrani, akhirnya ia pindah agama demi menikahi perempuan tersebut. Syekh Abdul Qodir Jailani masa depannya menjadi seorang Raja Para wali.

Ini adalah pelajaran bagi kita untuk menghormati ulama dan wali, kita minta nasihatnya, kita harapkan barokahnya, dan kita jaga sopan santun dihadapannya, maka kelak Allah akan berikan derajat mulia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here