PMII DAN KAROMAH PANGERAN JAYAKARTA

0
537

Pangeran Jayakarta adalah nama lain dari Pangeran Achmad Jakerta, putra Pangeran Sungerasa Jayawikarta dari Kesultanan Banten.

Semasa hidupnya, Pangeran Jayakarta merupakan tokoh di balik terusirnya Gubernur Jenderal JP Coen beserta pasukan VOC dari bumi Sunda Kelapa. Penguasaan Sunda Kelapa kemudian berada di tangan Pangeran Jayakarta.

Ada prajurit Pangeran Jayakarta berkhianat, ia mengatakan bahwa pasukan Pangeran Jayakarta akan tembus peluru jika pelurunya diolesi minyak babi. Akhirnya banyak pasukan Pangeran yang tewas tertembak, padahal awalnya kebal tembak.

Pasukan Belanda mengejar Pangeran Jayakarta, lalu ia buang jubah ke sumur, mata pasukan Belanda melihat Pangeran Jayakarta lompat ke sumur, lalu menembakinya, dan menguburnya. Padahal yang dikubur hanya jubah, sedangkan Pangeran Jayakarta.

Ada peziarah yang kehilangan dompet, lalu ia berdoa di makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, tidak lama ada yang menelpon menemukan dompet yang hilang tersebut, lalu didatangi dan isi dompet masih utuh.

Ada juga kisah kolonel yang berdoa agar naik pangkat, dan ternyata naik pangkat. Akhirnya ia sering berziarah ke Pangeran Jayakarta.

Aktivis PMII Ciputat pernah berziarah, hajatnya agar menang dalam pemilihan umum di kampus, karena hasil penghitungan maping kalah 800 suara, dan selama 5 tahun BEM UIN dipegang HMI. Setelah bertawasul di makam Pangeran Jayakarta akhirnya PMII menang 2000 suara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here