Kuala Lumpur – Perdana Menteri terpilih Malaysia, Mahathir Mohammad mengatakan pada Jumat (11/5), bahwa Raja negara Malaysia telah mengindikasikan keinginannya untuk memberikan ampunan penuh kepada tahanan politik Anwar Ibrahim secepat mungkin.

Dinamika politik Malaysia telah dibentuk dalam beberapa dekade dengan pertarungan yang sengit antara Anwar dan Mahathir. Sebelumnya saat Mahathir menjabat Perdana Menteri Malaysia, ia sempat memecat Anwar sebagai wakilnya, sehingga telah memicu gerakan oposisi dan reformasi pada tahun 1998.

Tetapi pada tahun 2016, Mahathir meninggalkan Barisan Nasional (BN) yang telah lama berkuasa, dan bergabung dengan aliansi oposisi, Anwar, untuk bertarung dengan mantan Perdana Menteri Najib Razak yang terkena skandal.

“Pengampunan terhadap Anwar Ibrahim akan menjadi pengampunan penuh, yang berarti bukan hanya diampuni saja, tetapi sesaat Anwar dibebaskan, maka ia juga akan dapat berpartisipasi politik secara penuh,” kata Mahathir kepada wartawan sehari setelah ia dilantik. Kepemimpinannya diraih karena kemenangan oposisi saat pemilu Rabu (9/5).

Mahathir terpilih menjadi Perdana Menteri pada umur 92 tahun, sehingga ia menjadi pemimpin terpilih dunia tertua di dunia.

Mahathir mengatakan bahwa Raja telah mengindikasikan keinginannya untuk mengampuni Anwar secepatnya. Sebuah ampunan politik oleh Raja yang berarti menandai Anwar yang dapat kembali aktif di politik.

Sebelum pemilu, Mahathir telah mengatakan, bahwa ia akan mengundurkan diri dan memberikan jabatan Perdana Menterinya kepada Anwar saat Anwar diampuni. Ia juga menyatakan, bahwa istri Anwar, Wan Azizah Wan Ismail, akan menjadi wakil Perdana Menteri dalam kabinetnya.

Para wartawan dan pendukung Arwan berkumpul di sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur dimana ia sedang dalam proses penyembuhan dari operasi bahunya. Istrinya, yang mengunjungi Anwar di rumah sakit, mengatakan kepada wartawan bahwa Anwar dapat dibebaskan dalam beberapa hari dan diampuni dalam beberapa minggu.

“Agong (Raja) ingin pengampunan terjadi sesegera mungkin,” kata Wan Azizah. “Apabila direktur penjara telah puas … Mungkin Anwar dapat dibebaskan dalam 2 atau 3 hari. Pembebasan lebih mudah (daripada pengampunan).”

Anwar, 70 tahun, dijadwalkan akan dibebaskan pada 8 Juni, sebagai bentuk pencabutan hukumannya karena perilakunya yang baik. Ia memulai hukumannya selama 5 tahun karena terkena kasus sodomi pada tahun 2015. Menurut para pendukungnya, tuduhan terhadap Anwar adalah bermotif politik.

Mahathir mengatakan bahwa ia akan mengumumkan kabinet pada Sabtu yang mencakup dirinya, Wan Azizah dan 10 orang lainnya, termasuk menteri keuangan, luar negeri, pertahanan, dan dalam negeri.

“Apakah Anwar akan menjadi bagian kabinet atau tidak akan diputuskan saat tiba waktunya,” tambah Mahathir.

KEGUGUPAN INVESTOR

Mahatir mengatakan bahwa pemerintahannya akan fokus pada pemenuhan janji yang telah disepakati dalam ‘manifesto aliansinya’, termasuk penghapusan pajak barang dan jasa.

“Dalam bidang hubungan luar negeri, kami ingin menjaga hubungan baik dengan seluruh negara, terlepas dari kebijakan mereka,” kata Mahathir. “Kami tidak ingin mendukung negara manapun, kami ingin memastikan bahwa pasar Malaysia (terbuka) sebesar mungkin.”

Mahatir telah berjanji untuk meyakinkan kembali pasar keuangan dan akan mengembalikan miliaran dolar karena skandal korupsi dari dana negara, 1 Malaysia Development Berhad (1MDB). Skandal ini menjadi faktor utama dalam penyebab jatuhnya kepemimpinan Najib. Untuk diketahui, Mahathir sempat menjadi mentor Najib saat kuliah.

Perdana Menteri terpilih juga mengatakan, Jaksa Agung telah mengambil keputusan yang salah dalam membersihkan Najib dari kasus 1MDB pada tahun 2016.

“Pada faktanya, ia telah menyembunyikan fakta dari tindakannya yang salah, dan hal itu telah salah secara hukum. Kami harus melakukan hal-hal apa saja yang dibolehkan oleh hukum negara ini,” kata Mahathir.

Pasar Malaysia telah ditutup dan akan dibuka kembali pada Senin. Tetapi investor luar negeri merasa gugup karena kejatuhan Najib setelah berkuasa dalam satu dekade.

Mahathir mengatakan pemerintahannya akan mengambil langkah-langkah yang terukur untuk menstabilkan nilai mata uang Ringgit dan akan membicarakan dengan sejumlah kementerian terkait soal apa yang bisa ia lakukan.

Mahathir dijuluki sebagai “Bapak Malaysia Modern” saat kepemimpinannya selama 22 tahun hingga tahun 2003. Ia dikenal sebagai sosok dengan gaya kepemimpinan yang kuat, terkadang bersikap keras, dan tidak toleran dengan perbedaan pendapat. Tetapi ia juga dipercaya oleh rakyat Malaysia karena mengubah negaranya di Asia Tenggara, yang semula terpencil menjadi negara industrialisasi modern.

Sumber : Reuters

Diterjemahkan oleh Labib Syarief

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here