‏اللهم لا تخرجني من رمضان إلا وقد أصلحت حالي وأسعدت حياتي وغفرت جميع ذنوبي وتقبلت صلاتي وصيامي وحققت لي ما أتمناه ويسرت لي كل أمر عسير
_
Ya Allah jangan keluarkan diriku dari Bulan ramadhan melainkan engkau telah memperbaiki keadaanku, membahagiakan hidupkan, mengampuni semua dosa-dosaku, menerima ibadah shalat dan puasaku, mencapaikan segala yang aku dambakan, dan mempermudah kepada diriku segala sesuatu urusan yang sulit.

ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺪﺍﺩ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ:
ﻭﻣﻦ ﺁﺩﺍﺏ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﺜﺮ ﺍﻟﻨﻮﻡ ﺑﺎﻟﻨﻬﺎﺭ ، ﻭﻻ ﻳﻜﺜﺮ ﺍﻷﻛﻞ ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ ، ﻭﻟﻴﻘﺘﺼﺪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺣﺘﻰ ﻳﺠﺪ ﻣﺲ ﺍﻟﺠﻮﻉ ﻭﺍﻟﻌﻄﺶ ؛ ﻓﺘﺘﻬﺬﺏ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﺗﻀﻌﻒ ﺷﻬﻮﺗﻪ ، ﻭﻳﺴﺘﻨﻴﺮ ﻗﻠﺒﻪ …ﻭﺫﻟﻚ ﺳﺮ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻭﻣﻘﺼﻮﺩﻩ
(ﺍﻟﻨﺼﺎﺋﺢ ﺍﻟﺪﻳﻨﻴﺔ ﺹ 138)

Al-Imam Al-Habib Abdullah Al-Haddad:

Diantara adabnya orang yang berpuasa, hendaknya ia tidak memperbanyak tidur di siang hari dan tidak memperbanyak makan di malam hari. Hendaknya ia bersikap wajar saja akan hal tersebut, sehingga ia tetap merasakan rasa lapar dan dahaga (disiang harinya karena tidak banyak tidur, pun di malam harinya karena tidak terlalu kenyang). Dengan demikian jiwanya akan bersih lagi terlatih, nafsu syahwatnya akan melemah dan hatinya akan bercahaya. Inilah rahasia dan maksud tujuan dari ibadah Puasa.

Cukup bagimu dari berbagai kekurangan atau lupa pada hari-hari yang telah berlalu di bulan Ramadhan, jika di hari-akhir akhir ini 
Engkau masih tidak bersemangat Maka bangkit-lah & bersemangat-lah karena Romadhon yang tersisa hanya tinggal beberapa hari saja Dan dihari-hari akhir ini Ada kebaikan yang begitu besar bagi mereka yang mengetahui makna Romadhon Dan segala amal perbuatan bergantung pada akhir-nya.

Engkau sekarang ini tengah menghadap di hari-hari akhir di bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT menutup bagi kita dan untuk umat ini dengan kebaikan kelapangan ke-sholihan keberuntungan keselamatan pertolongan dan ketaatan kepada NYA.

Berlalu atas kita hari-hari Ramadhan, yang kemarin kita berada di bagian awalnya, sekarang akan kita akhiri 10 tengah dan tidak tersisa kecuali sepertiga akhir, orang yang beruntung di dalamnya dia akan membawa keberuntungan, dan yang rugi akan membawa kerugian.

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita dari orang-orang yang beruntung, memberikan kebaikan kepada kami, memberkahi untuk kami di dalamnya, pada waktu dan saat-saatnya.

Yaa Allah dengan karunia-Mu menjadikan kami dari umatnya Nabi Muhammad, menyampaikan kami pada bulan Ramadhan dan sampai sekarang pada akhirnya, berkahi kami di akhirnya lebih agung dari apa yang engkau berkahi untuk kami di awalnya, jadikanlah kami di dalamnya lebih beruntung dan menjadi sebab diangkatnya kesusahan umat Islam.

Al Habib Umar bin Hafidz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here