Manfaat teh dandelion untuk tulang hingga liver

Rabu, 18 September 2019 09:43 WIB

Tanaman dandelion (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) – Meskipun tergolong gulma, dandelion menawarkan sejumlah manfaat kesehatan untuk Anda bila diseduh dalam bentuk teh.
Seperti dilansir Medical Daily, dandelion dikenal untuk bermanfaat untuk kesehatan kulit dan meningkatkan produksi urin dan pergerakan usus yang berperan untuk buang air besar.
Baca juga: Waspadai penyakit liver, si pembunuh diam-diam
Selain itu, masih ada manfaat tanaman ini antara lain:
1. Menyediakan vitamin K
Vitamin ini mendukung kesehatan tulang dan jantung. Dandelion secara mengejutkan dapat memberikan lebih dari 500 persen kebutuhan vitamin K Anda, menurut DrAxe.com.
Minum teh dandelion dapat membantu Anda mencegah kekurangan vitamin K yang berfungsi mengelola mineralisasi tulang, pembekuan darah, fungsi otak dan metabolisme yang sehat.
2. Manajemen diabetes
Merebus dandelion untuk dibuat teh atau hanya menambahkan tanaman ke dalam jus dapat membantu penderita diabetes mempertahankan kadar gula darah yang aman.
Teh dandelion juga bisa membantu mengurangi kelebihan gula dalam tubuh karena efek diuretiknya. Satu studi menemukan, dandelion mengandung komponen kimia bioaktif, seperti asam chicoric dan sesquiterpene lactones, yang memberikan efek anti-diabetes.
3. Mempertahankan liver sehat
Menambahkan dandelion ke dalam diet dapat membantu mengelola sistem pencernaan. Tanaman ini dikenal menjaga aliran empedu yang diproduksi hati.
Teh dandelion menyediakan vitamin C dan nutrisi lain, yang dapat membersihkan hati, mendukung penyerapan mineral, mengurangi peradangan dan mencegah penyakit.
3. Memberikan antioksidan
Dandelion memiliki jumlah antioksidan yang tinggi. Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan antioksidan dapat memblokir kerusakan sel dan melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh, yang berkontribusi terhadap kanker dan penuaan dini.
4. Vitamin A
Vitamin ini terutama mempromosikan penglihatan yang sehat, fungsi neurologis, dan kulit yang sehat. Vitamin A adalah antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas yang merusak DNA.
Anda dapat membuat teh dandelion dengan merebus satu sendok makan batang atau bunga dalam sekitar 150 mililiter air selama 30 menit.
Jika tidak ingin membuat sendiri, saat ini teh dandelion organik juga ada di beberapa toko makanan atau kesehatan.
Baca juga: Kopi versus teh, benarkah punya manfaat gizi sama?
Baca juga: Teh chamomile efektif bantu tidur, benarkah?

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Original Article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here