Saat Umar bin Khattab meninggal dunia lalu dikuburkan, Sayyidina Ali bin Abi Thalib duduk di depan kuburan Umar bin Khattab disaat orang-orang sudah pergi meninggalkan kuburan.

Seorang sahabat bertanya kepada Sayyidina Ali, kenapa duduk lama di depan kuburan Umar bin Khattab? Sayyidina Ali mengatakan, bahwa ia hanya ingin tahu apa yang akan terjadi pada saat Umar bin Khattab di dalam kubur.

Sayyidina Ali melihat Umar bin Khattab didatangi Malaikat Munkar dan Nakir, lalu Malaikat bertanya kepada Umar; “Siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu?” Kemudian Umar menjawab, “hei Malaikat, kau tidak sadar bertanya pada siapa? Kau bertanya siapa Tuhanku dan siapa Nabiku? Aku selama ini berjuang bersama Rasulullah Saw, lalu kau bertanya siapa Tuhanku dan siapa Nabiku? Wahai Malaikat, siapa Tuhamnu dan siapa Nabimu?”

Umar bin Khattab bertanya pada kedua Malaikat, apakah kalian mendatangi orang beriman dengan wajah seram seperti ini? Mulai sekarang ganti wajah menyeramkan seperti ini dengan wajah yang lain, aku Umar bin Khattab saja takut melihat wajah kalian, bagaimana dengan umat muslim lain yang lemah, ganti dengan yang lebih bagus.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengatakan, semoga Allah memberikan rahmat pada Umar bin Khattab, ia memberikan manfaat kepada umat muslim disaat masih hidup dan saat sudah wafat.

Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here