Detty Farah

۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

Kota Tarim itu nama sebuah kota di Hadramaut, Yaman. Kota Sejuta Wali.
Medan ILMU Tempat lahirnya berbagai
ulama’-ulama’ hebat dunia keturunan Rasulullah SAW. Disana semua WANITA yg sudah baligh pasti memakai ‘CADAR di muka’ (Niqab/Burqa) jadi sangat sukar sekali menjumpai wanita disana.

Di pasar-pasar Tarim pun khusus buat laki-laki saja membeli keperluan dapur.
Pasar tarim sangat menarik. Lain dari semua tempat. Di sana mereka sambil
menunggu pelanggan sambil mengkhatamkan beberapa kali ALQUR’AN. Jika tiada pelanggan, sesama mereka belajar kitab, menyampaikan ilmu di pasar itu. Dan di pasar selalu dikumandangkan SHOLAWAT dan QASIDAH.

Kata seorang Ulama’ Tarim,” di pasar Tarim aku dapati ada 200 lebih orang Waliyullah (kekasih Allah SWT).Jika di pasar tempat yg sebegitu sudah 200 lebih orang wali apa lagi jika yang berada di masjid-masjid?”Ketahuilah hanya Wali Allah saja dapat mengetahui siapa wali-wali.

Di pasar, apabila mendengar waktu azan terus mereka tutup toko dan berlari pergi ke masjid. Jika habis azan, mereka masih belum tutup toko, mereka akan biarkan dan terus ke masjid tanpa merisaukan tokonya.Bila ditanya KENAPA ?Katanya, adakah DUNIA ini lebih penting dari panggilan Allah SWT ???
MASHAALLAH…

Di pasar tidak ada perempuan disitu. Mereka terjaga/terpelihara SUCI di rumah mereka atau di tempat belajarnya, dan laki-laki kebanyakan duduk di Masjid-masjid.

Masjid di Tareem sungguh banyak. Baru berapa kilometer sudah ada masjid lagi. Dan Masjid mereka penuh dengan orang. Bahkan waktu sholat TAHAJJUD tengah malam pun ramai seperti sholat JUM’AT.

Siapa yang datang ke Tarim pasti dan pasti tidak mau pulang ke tanah air, karena kota Tarim bagaikan kota Akhirat. Yang mengingatkan kita hanya pada AKHIRAT.

Di Tareem kalian harus menjaga Hati.
Kenapa ? Pernah ada suatu ketika seorang kawan melihat Bapak tua yang sedang membersihkan hewannya di pagi hari, lalu kawanku ini terpetik dalam hatinya “Bapak ini tak pergi masjid, ini kan sudah mau subuh”, tapi pas berlalu di depan Bapak itu, tiba-tiba Bapak itu menegurnya. Katanya “jaga hati kamu!”, kemudian kawan menangis dan istighfar. Karena dia hanya berkata DALAM HATI saja tapi Bapak itu langsung tahu. MasyaAllah..!!

Kebanyakan Penduduk di Tareem itu bisa tahu isi hati kita, perbuatan kita dan lainnya karena mereka kebanyakannya Wali ALLAH SWT. Nama pun KOTA SEJUTA WALI.

Itu hanya sedikit kisah dari salah satu kota dari 3 Kota yang paling diberkahi umat Islam setelah Mekkah & Madinah. Karena dari kota Tarimlah pada terdapat ulama-ulama keturunan Rasulullah.

Hampir 70% Agama Islam di seluruh dunia tersebar dari ulama-ulama Tarim ini, dimana setiap jengkal tanahnya mengandung banyak keberkahan.

Allahuma shalli alaa sayyidina Muhammad wa alaa ali sayyidina muhammad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here