Foto dari pertemuan bersejarah antara pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara saat Kim Jong Un melangkahkan diri melewati perbatasan Korea Utara ke Korea Selatan.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae in telah bertemu di sisi Korea Selatan untuk Pertemuan Pembicaraan antar Korea.

Tempat pertemuan dilaksanakan di Rumah Perdamaian di desa perbatasan Panmunjom.

Ini adalah pertemuan pertama antara pemimpin Korea Utara dan Selatan dalam 11 tahun sejak pertemuan antar pemimpin Semenanjung Korea sebelumnya, yaitu Roh Moo Hyun dan Kim Jong Il pada tahun 2007. Bahkan dalam pertemuan ini pula Kim Jong Un merupakan pemimpin Korea Utara yang pertama kali mengunjungi Korea Selatan sejak berakhirnya perang Korea pada tahun 1953.

Pertemuan antar Korea pada tahun 2000 dan 2007 dilaksanankan di Pyongyang, Korea Utara.

Kedua pemimpin Korea juga melakukan bersalaman dalam pertemuan pertama yang bersejarah tersebut.
 
Setelah kedua pemimpin berfoto, mereka melangkahkan diri sebentar ke teritori Korea Utara, lalu kembali ke perbatasan Selatan.

Kemudian dua pemimpin tersebut memasuki wilayah Korea Selatan dan mendapatkan bunga dari seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan dari desa tersebut.

Kedua pemimpin selanjutnya melakukan prosesi acara kenegaraan menuju Rumah Perdamaian melalui karpet merah yang disambut oleh pasukan pengamanan Korea Selatan dengan pakaian dan musik tradisional Korea.

Setelah memasuki Rumah Perdamaian, Kim Jong Un menulis dan menandatangani buku tamu sebelum pertemuan dimulai.

Dalam buku tamu tersebut, Kim Jong Un menulis:

“Sebuah jenis pertemuan baru yang bersejarah mulai sekarang. Era perdamaian, dari mulainya poin bersejarah. Kim Jong Un 2018.4.27”

Sumber: www.koreaboo.com

Diterjemahkan oleh Labib Syarief
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here