Dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Ya Abdullah, janganlah engkau seperti si fulan, dahulu ia shalat malam lalu ia tidak mengerjakannya lagi” [Muttafaqun Alaihi]

Ulama mengatakan bahwa hadis ini menjelaskan bahwa Sunnah untuk seseorang Istiqomah dalam ibadah. Sebagian ulama juga berkata bahwa hukumnya makruh seseorang menjalankan ibadah sunnah lalu meninggalkannya tanpa uzur.

Hadits ini juga menjelaskan bahwa menjalankan ibadah tahajud itu sangat penting, walaupun sunnah, tapi jangani kita meninggalkannya sampai wafat. Kalau kita ingin tahu ciri-ciri orang soleh, mereka tidur sedikit di malam hari lalu bangun untuk ibadah.

“Hendaklah kalian melaksanakan shalat malam, karena shalat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang soleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (Riwayat Tirmidzi)

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (Riwayat Ahmad).

Jadi Rasulullah Saw mengatakan bahwa shalat tahajud selain bisa menghapus dosa juga untuk membuat badan menjadi sehat. Maka, siapapun yang ingin hidup sehat, maka lazimkanlah shalat tahajud.

Abdullah bin Amr mendengar Rasulullah mengatakan bahwa “sebaik-baik Abdullah adalah jika dia sering bangun malam.” Sejak saat itu, Abdullah bin Amr setiap hari tidurnya sedikit.

Rasulullah saw bersabda “Ketahuilah bahwa mukmin yang paling mulia adalah yang paling bisa memanfaatkan sebagian malam harinya untuk melakukan Qiyamul Lail” (Imam Hakim). Jadi, orang mukmin yang paling mulia dihadapan Allah bukanlah yang kaya raya, punya pangkat, atau terkenal. Orang mukmin yang paling mulia adalah yang sering bangun malam untuk ibadah.

Dari Hadist Riwayat Al Bukhari dan Muslim Ibnu Masud, ada seorang pria tidur malam hari hingga tidak bangun sampai subuh, lalu Rasulullah SAW bersabda, “Laki-laki itu, setan telah kencingi kupingnya.

Inilah keutamaan dari bangun malam untuk shalat tahajud, semoga kita semua bisa istiqomah menjalankannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here