Ceramah Syaikh Dr. Muhammad Said Ramadhan Al-Bouti

A. Kemuliaan Berdzikir Setelah Shalat Subuh

Sabda Nabi saw: “Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk untuk berdzikir kepada Allah swt hingga matahari terbit, kemudian shalat duha dua rakaat. Maka ditulis untuknya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah, secara sempurna”.

Kamu shalat subuh, kemudian duduk berdzikir mengingat Allah swt. Ketahuilah bahwasanya sebaik-baiknya berdzikir kepada Allah swt adalah dengan membaca Al-Qur’an. Selanjutnya apabila matahari telah terbit, tunggulah beberapa saat. Setelah itu, tunaikan shalat dua rakaat, maka kamu akan mendapatkan balasan seperti menunaikan haji dan umrah dan dosa kamu akan dihapuskan serta kamu akan dimuliakan oleh Allah swt dengan banyak kebaikan.

Coba bandingkan orang yang seperti ini dengan orang yang lain yang bangun shalat subuh, tetapi kemudian ia kembali ke tempat tidurnya dan melanjutkan tidur. Inilah realita pada umumnya.

B. Tanda-Tanda Seseorang Mencintai Allah swt

Wahai Saudara, satu kaidah berbunyi : “Barangsiap yang mencintai seseorang/sesuatu, maka dia akan selalu menyebut tentangnya”. Kamu cinta Allah swt atau tidak? Kalau cinta kepada Allah swt, seharusnya kamu selalu senantiasa mengingat Allah swt. Jika kamu tidak pernh berdzikir megingat Allah swt, maka itu tandanya kamu tidak mencintai Allah swt.

Bagaimana mungkin seorang insan yang mengenal Allah swt, tetapi tidak mencintai-Nya? Adakah orang begitu? Kamu mengenal Allah swt dan kamu mengetahui kedudukan kamu hanyalah sebagai seorang hamba. Kamu menyadari kerinduan-Nya kepada kamu dan kamu juga mengetahui bahwa Allah swt itu sangat sayang terhadapmu, apakah kamu tidak mencintai Allah swt setelah mengetahui semua itu? Jika kamu mencintai Allah swt, maka hendaklah kamu selalu senantiasa berdzikir mengingat-Nya?

Sumber: Ditranskip dari Video Ceramah Syaikh Dr. Muhammad Said Ramadhan Al-Bouthi yang diupload oleh akun Youtube MutarjimClips

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here