Keramat Empang Bogor terdapat makam Al Arif Billah Al Imam kutub Al Habib Abdullah bin Muhsin Al Athos beserta murid kesayangannya Al Arif Billah Al Habib Alwi bin Muhammad Al Haddad, dan ke 5 orang anaknya, Al Habib Muhsin, Al Habib Zein, Hubabah Nur, Habib Husein, dan Habib Abu Bakar.

Habib Husein bin Abdullah bin Muhsin Al Athos setiap hari Kamis ba’da Ashar di Masjid Nur di Empang Bogor mengadakan majelis taklim. Kitab yang dibaca pada waktu itu di majelis tersebut adalah kitab Fathul Bari Syarah hadits Imam Bukhari dan kitab Khulasoh Diniyah karangan Imam Abdullah bin Alwi Al Haddad.

Ada bait-bait syair pujian yang ditulis oleh seorang ulama yang sangat dicintai dan dikagumi oleh jemaah, beliau adalah Al Arif Billah Habib Muhammad bin Ahmad Al Muhdor. Syair tersebut dijelaskan singkat tentang ketinggian makam Al Habib Abdullah bin Muhsin Al Athos dan kemuliaan masjid tersebut, diantaranya beliau mengatakan Masjid Nur (Empang Bogor) bagian dari Kota Tarim, barangsiapa memasukinya i’tikaf di dalamnya, maka dengan izin Allah akan dikabulkan semua hajat dan maksudnya. Syair tersebut masih tergantung di bagian dalam masjid an-nur sampai sekarang.

Sumber: Buku Meniti Jalan Pemuda Nabawi (Biografi Pendiri Majelis Rasulullah Saw Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here