Saat seseorang jatuh cinta, kadar Dopamine meningkat tajam sehingga membuatnya merasa nyaman dan bahagia. Sebaliknya, kadar Serotonin menurun sehingga membuat manusia menjadi tidak percaya diri (grogi) atau was-was. Menurunnya kadar hormon Serotonin menyebabkan perilaku kita cenderung aneh saat bertemu orang yang dicinta; efek yang sama dengan penderita OCD(Obsessive-Compulsive Disorder) sehingga ada ahli menyebut jatuh cinta adalah perilaku obsesif sementara.

Otakmu -spesifiknya bagian nucleus caudatus– dimabukkan oleh senyawa biokimia itu saat melihat dan berinteraksi dengan si dia, termasuk saat membayangkannya. Begitu nikmatnya senyawa tersebut, kamu jadi menginginkannya terus-menerus alias kecanduan. Tentu saja kamu pikir kamu sedang bahagia karena bertemu Sang Pasangan Jiwa, padahal sebenarnya kamu sedang sakaw ‘kecanduan obat‘ dan si dia tidak lebih dari Sang Pengedar Dopamine.

Tapi uniknya adalah setelah jatuh cinta, tubuh pria secara otomatis menurunkan kadar testosterone agar kehilangan agresifitas pada wanita-wanita lain dan jadi cenderung setia pada satu wanita pujaan hati. Sebaliknya, setelah jatuh cinta tubuh wanita otomatis menaikkan kadar testosterone agar dirinya jadi agresif dan protektif (seperti mudah cemburu) demi menjaga sang pria pujaan hati.

Hormon dopamin berpengaruh terhadap munculnya perasaan yang menyenangkan, mulai dari jatuh cinta, gembira, motivasi, hingga kepercayaan diri. Namun jika dilepaskan secara berlebihan, hormon ini dapat membuat seseorang menjadi terobsesi pada sesuatu.

Hormon dopamin dapat membantu proses pencernaan, dengan membuat saluran pencernaan mencerna nutrisi secara optimal. Selain itu, hormon dopamin juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta meredakan peradangan.

Hormon dopamin bisa memengaruhi kerja organ-organ penting dalam tubuh, misalnya ginjal dan pankreas. Pada ginjal, hormon ini akan meningkatkan pengeluaran urine. Sementara pada pankreas, hormon dopamin akan menekan produksi hormon insulin, yang berperan dalam menjaga kestabilan kadar gula darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here