Jakarta, – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengajak semua kalangan memuliakan pencipta lagu nasional. Menurutnya, para pengarang lagu nasional merupakan sosok yang berjasa dalam menggelorakan nasionalisme.

Hendro menyampaikan hal itu dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) pada acara Konser Sumpah Pemuda di Gedung Sekar Wijayakusuma, Jakarta Timur, Rabu (31/10). Pada acara itu Hendro menyebut nama WR Supratman sang pencipta lagu Indonesia Raya sebagai salah satu tokoh yang sangat berjasa.

“PAPPRI akan mengangkat WR Soepratman sebagai anggota kehormatan. Ini untuk memuliakan seluruh seniman yang berpartisipasi menggelorakan semangat nasionalisme,” kata Hendro.

Oleh karena itu Hendro menegaskan, Konser Sumpah Pemuda yang digelar PAPPRI menggelorakan spirit kebangsaan. Menurutnya, upaya menggelorakan nasionalisme bisa melalui hal-hal santai yang tidak terlalu formal.

“Memang kalau PAPPRI membuat acara tidak terlalu formal, santai saja, seperti hari ini kita kemas dalam bentuk konser. Tapi tetap mewarisi semangat perjuangan,” ujarnya di acara yang dihadiri sejumlah penyanyi dan pemusik kenamaan seperti Johan Untung, Obbie Messakh, Ermy Kulit, Jelly Tobing & His Band, The Rollies dan lain-lain itu.

Lebih lanjut Hendro mengatakan, PAPPRI akan menggubah lagu-lagu nasional ke dalam bahasa Inggris, Belanda, Prancis, Mandarin dan lainnya. Menurutnya, langkah itu juga demi mencegah pembajakan karya anak bangsa oleh negara lain.

“Kita tidak tahu lagu Bengawan Solo diterjemahkan ke bahasa Mandarin. Kalau kita sudah terjemahkan ke bahasa asing, tidak ada lagi yang bisa membajak karya anak bangsa,” tuturnya.(jpg/ara/jpnn)
*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here