Zikir Asmaul Husna ke-29 adalah Al-Latif. Kata Al Latif berasal dari akar kata la-tha-fa, yang bermakna lembut, halus, atau kecil. Az-Zajjaj, pakar bahasa Arab dalam tafsir Asmaul Husna mengartikan Al-Latif sebagai “yang mencapai tujuannya dengan cara yang sangat tersembunyi atau tak terduga”.

Kelebihan dan Fadhilah Zikir

Pertama, seseorang yang mengamalkan zikir ‘Ya Latif’ sebanyak mungkin, Insya Allah ikthiar (usaha)nya akan menjadikan barang jualannya menjadi laris dan perniagaannya maju.

Kedua, seseorang mewiridkan ‘Ya Latif’ dibaca sebanyak 129 kali atau 130 kali, Insya Allah dagangan atau bisnisnya akan maju dan akan merasa kejayaan dalam pekerjaannya.

Ketiga, siapa yang mewiridkan ‘Ya Latif’ setiap hari sebanyak 133 kali. Allah akan memberikannya rezeki yang banyak dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah.

Keempat, seseorang yang mewiridkan ‘Ya Latif’ 100 kali selepas salat sunat dua rakaat, Insya Allah masalahnya akan diatasi dan hajatnya dimakbulkan.

Ada faedah sangat istimewa yang datang dari kitab “Ta’rifudzzuryyiah Al-Habasyiyyah” karya Habib Attas Al-Habsyi. Dalam kitabnya, beliau berkata: “ketika datang berbagai kesulitan-kesulitan dan beruntunnya malapetaka, maka bacalah nama Allah Ta’ala “Al-Latif” sebanyak 16.641 kali. Telah dibuktikan kemanjurannya dan juga dilakukan pula pembacaan surat Yasiin sebanyak 41 kali. Banyak para pembesar dari kaum sholihin meyakini kecepatan pengaruhnya.

Imam Abu Yazid al-Busthami dalam kitab Manhajul Hanif menjelaskan bahwa orang yang membiasakan membaca “Ya Latiifu” sebanyak 129 kali kemudian membaca ayat ini sebanyak tujuh kali

اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَن يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ

Artinya: “Allah Dzat yang Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya. Dia memberi rezeki kepada hamba yang di kehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.(QS. Syuura: 19)

Lebih lanjut Imam Abu Yazid al-Busthami menjelaskan bahwa orang yang membiasakan membacanya akan dimudahkan dalam urusannya, baik rezeki maupun yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here