Mark Manson

Johnson lahir pada akhir 1920-an di Arkansas. Seorang wanita kulit hitam yang malang di Selatan yang terpisah, Johnson tidak benar-benar memiliki masa depan yang cerah untuk dinanti. Dia menanggung kesulitan yang dialami oleh hampir semua orang Afrika-Amerika selama dan di luar segregasi—status warga negara kelas dua, pengucilan ekonomi dan sosial, hidup dalam ketakutan yang hampir terus-menerus akan ancaman fisik, teror, dan sebagainya.

Seolah itu tidak cukup, peristiwa tertentu dalam kehidupan Johnson juga tidak akan membuatnya lebih mudah.

Pada usia tujuh tahun, dia diperkosa oleh pacar ibunya. Dia hanya memberi tahu saudara laki-lakinya tentang hal itu. Beberapa hari kemudian, penyerangnya ditemukan tewas.

Dia sangat trauma dengan peristiwa ini sehingga dia tidak berbicara sepatah kata pun selama lima setengah tahun. Sebagai orang buangan, baik dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri, Johnson tampaknya terikat pada kehidupan perjuangan dan isolasi yang keras dan kesepian.

Marguerite Johnson, bagaimanapun, kemudian mengubah namanya menjadi Maya Angelou dan menjadi penari, aktris, penulis skenario, penyair, pemimpin terkemuka dalam gerakan hak-hak sipil tahun 1960-an, dan perempuan kulit hitam pertama yang menulis buku laris. buku nonfiksi —memoarnya, I Know Why the Caged Bird Sings . Dia memenangkan beberapa penghargaan di beberapa bidang dan bahkan memberi pidato pengukuhan presiden pada tahun 1993. 1

Dan apa yang mungkin paling mengesankan adalah bahwa, pada satu titik, Angelou mengakui bahwa dia tidak menjadi dirinya yang sekarang meskipun trauma awal, dia menjadi dirinya yang sekarang karena itu. Ketika dia menulis, dia berkata dia menulis di atas bekas lukanya—bekas luka yang hanya bisa dia lihat dan sentuh dan rasakan. 2

Mari menjadi nyata: trauma bukanlah hal yang “baik” dalam hidup. Semua hal dianggap sama, tidak seorang pun dari kita harus mengalami hal-hal mengerikan ini. Tetapi kita semua melakukannya, pada titik tertentu atau lainnya. Itu hanya fakta kehidupan.

Sebagian besar dari kita hidup melalui setidaknya lima atau enam peristiwa traumatis dalam hidup, kita kehilangan seseorang yang dekat dengan kita, bercerai, kehilangan pekerjaan, mendapatkan diagnosis yang menakutkan dari dokter, diserang, dan seterusnya—dan lebih sering lagi. Daripada tidak, setelah salah satu peristiwa ini, kita akan keluar setidaknya sedikit lebih kuat, sedikit lebih bijaksana, dan sedikit lebih baik. 3

Sampai saat ini, bidang psikologi sebagian besar mempelajari cara-cara di mana trauma mengacaukan kita. Dan masuk akal mengapa psikolog memikirkan hal ini begitu lama.

Ketika memulai 100 tahun yang lalu, sebagai “ilmu dukun,” awalnya hanya yang paling putus asa dan terganggu yang terpaksa mencari bantuan psikiater. 4 Orang-orang mainstream dengan masalah mainstream tidak pergi ke psikiater karena itu masih sesuatu yang distigmatisasi sebagai memalukan .

Akibatnya, 50 tahun pertama atau lebih praktik psikologis/psikiatri menangani kasus-kasus yang sangat sulit. Anda tahu, penderita skizofrenia, manik depresif, orang yang ingin bunuh diri, dan sebagainya.

Ini menciptakan semacam bias seleksi. Karena psikolog hanya mempelajari kasus kesehatan mental yang paling ekstrem, dan hampir semua kasus ini melibatkan pasien yang mengalami trauma yang mengerikan di beberapa titik, psikolog awal sampai pada kesimpulan logis bahwa trauma mengarah ke masalah kesehatan mental .

Tapi ini, ternyata, salah. Dan kenyataannya, seringkali sebaliknya.

Baru setelah psikologi dan psikiatri menjadi lebih umum, bidang ini mulai menyadari bahwa trauma adalah hal yang sangat umum. Faktanya, trauma adalah fakta kehidupan. 5 Dan tidak hanya kebanyakan dari kita tidak menyerah pada gangguan mental yang parah, tetapi banyak yang akhirnya tumbuh dan berkembang menjadi orang yang lebih kuat karena penderitaan masa lalu mereka. Sebanyak 90% orang yang mengalami peristiwa traumatis juga mengalami setidaknya satu bentuk pertumbuhan pribadi di bulan dan tahun berikutnya. 6

Orang-orang ini akhirnya merasakan penghargaan yang lebih besar dalam hidup, prioritas mereka berubah, hubungan mereka lebih hangat dan lebih berbelas kasih , mereka lebih cerdas secara emosional , mereka menarik dari sumber kekuatan pribadi yang lebih besar, dan mereka melihat kemungkinan baru dalam diri mereka. Kehidupan yang bahkan tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya.

Sekarang, sebelum Anda terus berpikir, “OMG, Mark Manson mengatakan bahwa yang perlu saya lakukan hanyalah mengalami beberapa trauma yang merobek-out-your-heart-and-spit-in-your-face dan kemudian hidup saya akhirnya akan menjadi yang terbaik. cara saya menginginkannya. Mari kita mulai trauma ini!”

Uhh… Tidak. Ada lebih dari itu.

Ternyata trauma dalam hidup kita, apapun bentuknya, sebenarnya bukanlah hal yang membuat kita “lebih kuat”. Semua kutipan inspirasional dengan matahari terbenam cheesy tentang bertahan kesulitan dan “apa yang tidak membunuh Anda membuat Anda lebih kuat,” mereka semua menyesatkan Anda untuk berpikir bahwa hanya bertahan beberapa bentuk kesulitan sudah cukup untuk menguatkan diri Anda terhadap kesulitan di masa depan.

Itu tidak sepenuhnya benar.

Apa yang terjadi setelah trauma itulah yang benar-benar penting. Bukan bertahan dari trauma yang membuat Anda lebih kuat, tetapi pekerjaan yang Anda lakukan sebagai akibat dari trauma yang membuat Anda lebih kuat.

Pengalaman traumatis mengguncang kita sampai ke inti. Mereka membuat kita mempertanyakan keyakinan mendasar kita tentang dunia dan tempat kita di dalamnya. Mereka membuat kita mempertanyakan tingkat kebajikan dan kebaikan dan prediktabilitas di dunia, dan orang-orang di sekitar kita. Beberapa trauma berfungsi sebagai pengingat yang jelas akan kematian kita—sesuatu yang kebanyakan dari kita tidak ingin pikirkan.

Dan kemudian di sanalah Anda, trauma dan bingung, tersesat dan mempertanyakan segala sesuatu tentang hidup Anda . Pada titik itu, pada dasarnya bisa melalui salah satu dari dua cara:

Anda jatuh dari tebing mental pepatah dan mengalami beberapa Real Shit ™ yang mengarah ke banyak disfungsi (kurang umum dari yang Anda pikirkan);
Anda menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menempa seperangkat keyakinan baru dan pandangan dunia baru yang lebih tangguh dan bertahan lama daripada pandangan dunia Anda sebelumnya (jauh lebih umum daripada yang Anda pikirkan). 7
Anggap saja seperti gempa bumi yang merobek kota. Semuanya cukup kacau setelah kekerasan tektonik mendatangkan malapetaka di bawahnya. Namun setelah itu, bangunan dapat dibangun kembali dengan pengetahuan baru tentang integritas struktural, dan orang-orang memiliki kesempatan untuk merancang sistem yang lebih tangguh untuk mencegah gempa bumi di masa mendatang. Kota ini tidak hanya “bangkit kembali” ke keadaan sebelumnya, tetapi juga menjadi kota yang lebih bijaksana dan lebih tangguh. 8

Jadi, ketika hidup kita terganggu oleh beberapa perubahan tektonik pribadi, kita memiliki kesempatan untuk membangun kembali diri kita sendiri.

Kami akan membawa kenangan dan rasa sakit dari pengalaman dengan kami tidak peduli apa, seperti orang-orang kota membawa memori dan kehilangan bencana alam seperti gempa bumi. Pertanyaannya pada saat itu adalah, bagaimana kita akan membangun kembali diri kita sendiri?

Trauma menciptakan titik sebelum dan sesudah yang berbeda dalam hidup kita. Trauma menciptakan momen yang kemungkinan besar tidak akan pernah kita lupakan.

Sejauh mana kita dapat mengalami pertumbuhan pribadi setelah trauma sangat bergantung pada narasi yang kita bangun di sekitar titik sebelum dan sesudah ini. 9

Adalah normal untuk merenungkan rasa sakit Anda, mempertanyakan arti dari semua itu, dan merasakan kombinasi rasa bersalah, malu, takut, dan kesepian. Ini benar-benar bisa menyebalkan. Anda akhirnya memainkan trauma itu berulang-ulang di kepala Anda, seperti film buruk yang terpaksa Anda tonton di teater di mana Anda diikat ke kursi dan kelopak mata Anda dibuka. Itu tidak terasa nyata. Dan setiap ulangan terasa hampir sama menyakitkannya dengan yang terakhir. Ini seperti otak Anda meninju dirinya sendiri berulang-ulang selama berbulan-bulan—atau bahkan bertahun-tahun—secara terus-menerus.

Tapi seburuk apa pun ini, sebenarnya ini adalah langkah penting dalam menciptakan narasi seputar trauma Anda. 10 Narasi yang Anda buat akan membantu membawa Anda keluar dari sudut gelap pikiran Anda dan akhirnya ke tempat yang lebih baik. Sebagai manusia, kita perlu memahami dunia di sekitar kita, dan seperti yang saya katakan sebelumnya, trauma jarang masuk akal karena itu terjadi pada kita.

Jadi seperti apa seharusnya narasi itu? Nah, ada beberapa hal yang perlu diingat:

1. Ini bukan tentang pantas
Kecenderungan alami kita ketika sesuatu yang mengerikan terjadi adalah bertanya, “Mengapa saya? Apa yang saya lakukan untuk mendapatkan ini? ” Umumnya, semakin muda kita, atau semakin buruk pengalamannya, semakin kita secara alami akan menyalahkan diri sendiri atas rasa sakit kita. Kita akan merasa bahwa pasti ada sesuatu yang salah dengan diri kita dan bahwa kita melakukan sesuatu untuk membawa situasi itu pada diri kita sendiri.

Langkah terpenting dalam membentuk makna rasa sakit kita adalah memahami bahwa itu bukan tentang pantas. Itu berlaku untuk diri kita sendiri, tetapi juga berlaku untuk orang lain. Ini bukan tentang pantas. Rasa sakit bukanlah permainan zero-sum. Jika seseorang menyakiti kita, menyakiti mereka kembali tidak membuatnya lebih baik.

Faktanya, rasa sakit adalah kebalikannya. Sakit itu menular. Ini seperti virus. Semakin kita terluka, semakin kita akan merasa cenderung untuk menyakiti diri kita sendiri lebih jauh dan menyakiti orang lain lebih jauh. Kekurangan yang kita rasakan sendiri akan digunakan untuk membenarkan perilaku destruktif lebih lanjut terhadap diri kita sendiri dan terhadap orang-orang di sekitar kita.

Sangat penting untuk mengenali ini dan menghentikannya sebelum terlalu jauh. Kami tidak melakukan apa pun untuk mendapatkan trauma kami. Tidak ada yang pantas trauma. Tapi layak bukanlah intinya. Itu hanya sesuatu yang terjadi.

2. Apresiasi baru untuk hidup
Saya ingat ketika seorang teman dekat saya meninggal, itu segera membuat saya sadar akan persahabatan saya yang lain dan betapa rapuh dan renggangnya mereka. Saya mendapati diri saya bermaksud memberi tahu teman-teman saya bahwa saya peduli dengan mereka dan bahwa mereka penting bagi saya. Ini memiliki efek memperkuat beberapa hubungan saya, terlepas dari kenyataan bahwa saya baru saja mengalami kehilangan yang hebat.

Karena trauma menghadapkan kita dengan kemungkinan kematian kita sendiri, dan dengan kemungkinan bahwa sebagian besar dari apa yang kita pikir benar tentang dunia mungkin tidak, ia memiliki efek samping yang menarik dari mengekspos apa yang kita telah mengambil untuk diberikan untuk sebagian besar hidup kita. 11

Ini adalah rasa sakit yang luar biasa yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya penting dalam hidup kita, dan menghilangkan hambatan atau keraguan apakah kita harus memanfaatkannya atau tidak.

3. Bicara tentang itu
Narasi tidak terbentuk dalam ruang hampa, mereka hanya ada ketika dikomunikasikan kepada orang lain. Para peneliti telah menemukan, berulang kali, bahwa prediktor kuat pertumbuhan pribadi setelah trauma adalah kesediaan untuk membuka diri tentang trauma dalam konteks jaringan sosial yang mendukung. 12

Temukan teman, anggota keluarga, terapis, iguana peliharaan Anda, dan bagikan pengalaman, perasaan, keraguan, dan ketakutan Anda yang mengelilingi trauma Anda. Keluar dari kepala Anda sendiri dan bagikan rasa malu Anda.

Beberapa kebijaksanaan paling mendalam dalam hidup Anda akan datang dari trauma Anda, tetapi kebijaksanaan itu tidak akan pernah terwujud jika Anda tidak membagikannya dalam beberapa bentuk atau lainnya.

Ada stigma dalam budaya kita tentang berbagi rasa sakit kita. Sayangnya, mengungkapkan bahwa kita terluka bertentangan dengan sejumlah tabu—bahwa kita harus bersikap positif dan menyenangkan, bahwa masalah kita hanyalah itu, masalah kita , dan bahwa kemandirian orang berarti kita mendapatkan apa yang pantas kita dapatkan.

Tapi memadamkan trauma kita hanya memperburuknya. Itu bernanah dan menginfeksi kita. Dan ini mungkin pelajaran terbesar yang kita dapat dari Maya Angelou. Kemampuannya untuk mengubah rasa sakitnya menjadi pesan harapan dan pemberdayaan adalah yang menyebabkan penyembuhannya, bukan sebaliknya. 13

Ini berbagi rasa sakit pribadi kita sendiri yang memungkinkan kita untuk bergerak melampaui itu. Karena itu satu hal untuk hanya duduk dan intelektual masalah kita untuk diri kita sendiri. Tetapi begitu kita berbagi dan membentuk makna itu di dunia di sekitar kita, rasa sakit kita menjadi sesuatu di luar diri kita. Dan karena itu sekarang di luar diri kita, akhirnya kita bisa hidup tanpanya.

Footnotes
She was also, oddly enough, the first black female trolley operator in San Francisco.↵
If you’re not familiar with Angelou and her incredible zest for life, this tribute is a good place to start.↵
And I’m not making those numbers up. See Michaela Hass’s book, Bouncing Forward: The Art and Science of Cultivating Resilience.↵
This psychiatric help could include practices which to most people today would seem outrageous, like phrenology—feeling the skull to determine an individual’s psychological attributes. See: History of psychology. (2020). In Wikipedia.↵
A 2017 survey of nearly 70,000 adults from 24 countries found 70.4% had experienced at least one type of a traumatic event in their life. See: Kessler, R. C., et al. (2017). Trauma and PTSD in the WHO World Mental Health Surveys. European Journal of Psychotraumatology, 8(sup5), 1353383.↵
Calhoun, L. G., & Tedeschi, R. G. (2014). Handbook of posttraumatic growth: Research and practice. Routledge.↵
Nugent, N. R., Sumner, J. A., & Amstadter, A. B. (2014). Resilience after trauma: From surviving to thriving. European Journal of Psychotraumatology, 5.↵
A case in point is the city of Kobe in Japan which bounced back stronger after a devastating 1995 earthquake. See: Oliva, S., & Lazzeretti, L. (2017). Adaptation, adaptability and resilience: The recovery of Kobe after the Great Hanshin Earthquake of 1995. European Planning Studies, 25(1), 67–87.↵
Neimeyer, R. A. (2004). Fostering Posttraumatic Growth: A Narrative Elaboration. Psychological Inquiry, 15(1), 53–59.↵
Meichenbaum, D. (2006). Resilience and posttraumatic growth: A constructive narrative perspective. Handbook of Posttraumatic Growth: Research and Practice, 355–368.↵
Tedeschi, R. G., & Calhoun, L. G. (1996). The Posttraumatic Growth Inventory: Measuring the positive legacy of trauma. Journal of Traumatic Stress, 9(3), 455–471.↵
Tedeschi, R. G., & Calhoun, L. G. (2004). Posttraumatic Growth: Conceptual Foundations and Empirical Evidence. Psychological Inquiry, 15(1), 1–18.↵
If you still need further convincing, see: Hendriksen, E. (2019, March 27). 5 Reasons to Talk About Trauma. Psychology Today.↵

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here