Pada waktu Adam Malik menjadi sebagai Kepala Kantor Berita Antara, ia mendapatkan berbagai ancaman, merasa mendapatkan ancaman ia berusaha mencari perlindungan, ia datang ke kediaman Habib Shalih, ia menceritakan latar belakang persoalannya, mendengarkan ceritanya seperti itu, Habib Shalih hanya tersenyum lalu berkata, jangan takut terhadap ancamannya, nanti kamu akan menggantikan kedudukannya, ucapan Habib Shalih pun terbukti, setelah Soeharto menjabat sebagai Presiden, Adam Malik yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.

Kisah serupa juga terjadi kepada Alwi Shihab mantan menteri luar negeri di era Presiden Kyai Haji Abdurrahman Wahid. Ia datang ke kediaman Habib Shalih Tanggul, ia datang bersama ayahnya, keperluannya mohon doa restu untuk belajar ke Harvard University Amerika Serikat, sebelum berangkat ia mempunyai masalah tidak cukup untuk mengurus visa dan Paspor, setelah mendengarkan keluh kesahnya, Habib Shalih menyarankan agar ia mandi di kedua sumur yang terdapat di sekitar kediamannya, Alwi Shihab menuruti perkataan, habis Alwi mandi di kedua sumur di sekitar kediamannya, Habib Shalih menasehatinya agar datang kepada Adam Malik yang saat itu menjabat sebagai Menlu. Alwi Shihab khawatir, karena ia hanya rakyat biasa, dalam benaknya berkata, bagaimana bisa bertemu dengan seorang menteri.

Habib Shalih berkata, bawa surat saya ini, jangan takut pada Adam Malik, kelak kamu akan menjadi seperti Adam Malik, perkataan Habib Shalih pun menjadi kenyataan, Alwi Shihab menjadi Menteri Luar Negeri di era Presiden Gus Dur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here