Kalau seorang anak membuat kedua ibu dan bapaknya sedih karena ulahnya, berarti anak itu telah dicatat durhaka kepada ibu dan bapaknya. Oleh karena itu berbakti kepada kedua orang tua hukumnya wajib. Kita wajib taat pada orang tua baik pada urusan yang wajib, sunnah, mubah dan makruh, kecuali kepada sesuatu yang haram.

Ada orang ibadah 24 jam sujud, baca Al-Quran, siang dia puasa, malam dia tahajud, apabila ia menjawab panggilan orang tuanya dengan cemooh maka ibadahnya selama 24 jam habis. Bahkan ada ulama berpendapat, apabila suara kita lebih keras dari orang tua kita, tatapan mata kita marah kepada orang tua kita, itu semua termasuk durhaka.

Imam Ali Zainal Abidin beliau bersumpah, “demi Allah mulai dari saya mengenali diri saya, sudah baligh, remaja, sampai tua, belum pernah ibu saya melihat punggung saya. Saya tidak pernah membelakangi ibu saya, kecuali saat saya masih bayi.” Nabi Saw beliau bersabda, “Setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orang tua. sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunnya didalam hidupnya sebelum mati.” Jadi, orang yang durhaka kepada kedua orang tua maka hidupnya akan terus susah di dunia.

Ceramah Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here