Calon wakil presiden 01, KH Ma’ruf Amin menunjukkan kelasnya yang bukan hanya sebagai Kyai, tapi juga seorang guru besar.
Demikian menurut Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Leo Agustino, setelah menyaksikan Debat Cawapres pada Minggu (17/3/2019).
“Banyak orang termasuk Saya yang menyangka kalau Kyai Ma’ruf tidak dapat beretorik. Tapi malam tadi beliau menunjukkan kelasnya yang bukan hanya sebagai Kyai, tapi juga seorang guru besar” tegas Leo kepada Tribunnews.com, Minggu (17/3/2019).
Ulasan dan tanggapan KH Ma’ruf Amin atas berbagai pertanyaan pun sangat lugas, bernas, penuh data, diiringi dengan kaitan ayat al-Qur’an yang membuatnya di luar ekspektasi semua pihak.
” Penguasaan terhadap isu-isu terkini membuatnya layak ditempatkan sebagai wakil pemimpin negara.” jelasnya.
Oleh karena itu, dia menilai akan banyak orang yang akan memberikan suara pada pasangan 01. Terutama para pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters), maupun para swinging voters.
“Malah menurut hemat Saya para pemilih 02 pun akan terpengaruh atas keupayaan Kyai Ma’ruf dalam debat ketiga sehingga secara perlahan mereka akan memilih 01,” dia menilai.

Alasan lainnya, imbuh dia, KH Ma’ruf Amin dianggap menguasai materi, menjawab secara terukur.

“Debat ketiga semalam seakan-akan menjadi milik Kyai Ma’ruf,” tegasnya.

Tribunnews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here