Memang ketika anda pertama kali membangun bisnis pasti anda akan bingung darimana bisnis besar itu bisa dimulai. Bisnis besar memerlukan skill, karena ada pengusaha yang bisnisnya hanya berumur bulanan, tahunan, puluhan tahun, tapi ada juga yang sampai ratusan tahun. Ada 4 skill penting yang harus dimiliki untuk memulai bisnis.

1. Anda bisa jualan

Entrepreneur harus bisa berjualan, harus bisa menjual ide dan konsep. Apabila suatu saat dagangan tidak laku, anda harus putar otak agar dagangan itu laku lagi.

2. Bisa menemukan partner yang tepat

Entrepreneur sangat ditentukan oleh partner yang tepat. Anda harus menemukan supplier yang tepat, reseller yang tepat, dan customer yang tepat. Kalau ketiga itu tidak tepat, maka bisnis anda akan sulit bertahan lama.

3. Tahu kelebihan anda

Kompetitor akan meniru dagangan anda, apabila anda tahu kelebihan anda, maka anda tidak akan takut dengan adanya kompetitor, bahkan kompetitor bisa dijadikan mitra tanding. Jangan sampai banting harga demi mengalahkan kompetitor, tapi terus tingkatkan kualitas.

4. Siap menerima kritikan ekstrim

Perhatikan perusahaan-perusahaan besar ada kotak saran, transportasi online ada tanda bintang untuk menilai pelayanannya, mini market ada simbol senyum atau cemberut terhadap pelayanannya, karena perusahaan besar yang langgeng mau terima kritikan. Perusahaan akan semakin besar jika mau menerima komplain dari pelanggannya, sehingga terus melakukan perbaikan dan pembaharuan.

Haters berbeda dengan komplain, kalau haters bisa jadi dia iri, kalau orang komplain itu karena dia mencintai bisnis anda tapi kualitasnya tidak seperti yang mereka harapkan.

Bisa jadi kata-kata customer itu pedas, tapi jangan abaikan, justru jadikan itu sebagai sarana untuk kemajuan usaha anda.

Sumber: Chandra Putra Negara, Chanel Youtube SuccessBefore30

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here