2019, Jumlah Kasus Campak di AS Lampaui 1.000

Poster yang dirilis Dinas Kesehatan Masyarakat Los Angeles mengenai penyebaran penyakit campak dan cara merespon wabah campak di Los Angeles, 26 April 2019

Jumlah kasus campak di Amerika tahun ini telah mencapai 1.001, kata pejabat kesehatan, Rabu (5/6). Kenaikan jumlah kasus campak ketika AS bertekad menghentikan penyebaran informasi yang salah tentang vaksin.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah pihak berwenang menyatakan Amerika berada dalam bahaya kehilangan "status eliminasi" terhadap penyakit pernapasan menular itu jika wabah saat ini terus berlanjut.

Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan (HHS) Alex Azar bertekad "melanjutkan upaya mendukung departemen kesehatan setempat dan penyedia layanan kesehatan dalam merespon situasi itu, dengan tujuan akhir menghentikan wabah itu dan penyebaran informasi yang salah tentang vaksin."

Rekor jumlah kasus sebelumnya terjadi pada 1992 ketika 963 kasus dilaporkan sepanjang tahun – angka itu kini terlampaui dalam kurang dari enam bulan pertama 2019.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memberi pedoman bagi penyedia layanan kesehatan untuk mengenali dan mencegah campak, dan mengembangkan alat bantu bagi dokter untuk mengatasi informasi yang salah, kata Azar.

Sejak 2000, jumlah kasus campak berfluktuasi mulai dari nol hingga ratusan kasus yang tercatat setiap tahunnya.

Pihak berwenang menyatakan campak dienyahkan dari Amerika pada 2000, sesuai dengan tujuan yang ditetapkan pada 1966 saat vaksin campak diperkenalkan. [ka]

Original Article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here